Probelamtika Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Aplikasi Google Meet dan Solusi Pemecahannya
DOI:
https://doi.org/10.70143/asatidzuna.v1i1.71Kata Kunci:
Problematika, Pembelajaran, SolusiAbstrak
Offline dan Online menjadi suasana akademik yang selama ini dilakuakan dalam proses
pembelajaran terutama setelah munculnya pandemic covid-19. Banyak permasalahan yang
muncul dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab secara online melalui aplikasi Google
meet, dan permasalahan tersebut terutama yang berkaitan dengan Non Linguistik seperti
Motivasi, sarana prasarana, dan lain-lain. Oleh karena itulah peneliti tertarik untuk
melakukan penelitian yang berhubungan dengan Problematika Pembelajaran Bahasa Arab
melalui Aplikasi Google Meet dan sekaligus menggali solusi pemecahan guna mengatasi
permasalahan tersebut. Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui Pelaksanaan,
Prolematika dan Solusi pemecahan dalam Pembelajaran Bahasa Arab melalui penggunaan
Aplikasi Google Meet di Program Studi PAI Tingkat I IAIT Tasikmalaya. Penelitian ini
dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, dimana peneliti mengambil data
meluli wawancara bersama dosen bahasa Arab dan mahasiswa tingkai I PAI IAIT. Hasil dari
penelitian ini yaitu: 1) Pembelajaran dilakukan sesuai RPS dan jadwal poerkuliahan dengan
metode yang sering digunakan adalah metode Khutbah atau ceramah serta melakukan
evaluasi setelah sebelum menutup pembelajaran. 2) Adapun problematika yang didapatkan
yakni: a) Pemahaman materi yang tidak komprehensif; b) Keterbatasan dosen dalam
kemampuan penggunaan aplikasi Google Meet; c) Mahasiswa tidak terkontrol secara optimal
selama pembelajaran; d) Lemahnya jaringan internet. 3) Untuk mengatasi berbagai
permasalahan tersebut maka dosen melakukan berbagai upaya dengan penuh kreatifitas dan
inovasi dalam mewujudkan pembelajaran bahasa Arab onlinesecara efektif.