Inovasi Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Pembelajaran di Era Pandemik Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.70143/asatidzuna.v1i1.72Kata Kunci:
Inovasi Guru, Pandemik Covid-19Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan inovasi guru madrasah
ibtidaiyah dalam pembelajaran di era pandemikcovid-19. Penelitian ini dilaksanakan di
Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Tasikmalaya dengan objek penelitian Guru kelas tinggi.
Metode penelitian yang digunakan yaitu studi kasus. Data-data hasil penelitian dianalisis
menggunakan triangulasi teknik. Adapun hasil penelitiannya antara lain: 1) inovasi gagasan
dicirikan melalui implementasi kurikulum merdeka belajar, madrasah religius islami, green
school, mental siap melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi. 2) inovasi metode
ditandai oleh penerapan model blended learning, dan metode belajar saintific. 3) inovasi
media ditandai dengan penggunaan media teknologi informasi pada proses pembelajaran dan
evaluasi belajar.