Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Flashcard dalam Keterampilan Menulis Aksara Sunda Siswa Madrasah Ibtidaiyah
DOI:
https://doi.org/10.70143/asatidzuna.v1i1.97Kata Kunci:
Flashcard, Aksara Sunda, Madrasah IbtidaiyahAbstrak
Kemampuan menulis aksara Sunda mendapat perhatian yang cukup serius karena berhubungan dengan pemeliharaan
warisan budaya tak benda, banyak dari siswa tingkat MI yang tidak bisa menulis aksara Sunda bahkan tidak
mengetahui seperti apa aksara Sunda. Implementasi pembelajaran menulis aksara Sunda di MI dapat dilaksanakan
dengan menggunakan media pembelajaran flashcard. Rumusan masalah dalam penelitian ini secara umum adalah
“Bagaimana efektivitas penggunaan media pembelajaran flashcard dalam keterampilan menulis aksara Sunda siswa
MI ?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana efektivitas penggunaan media pembelajaran
flashcard dalam keterampilan menulis aksara Sunda siswa MI. Penelitian yang akan dilaksanakan ini merupakan
penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, angket, dan tes. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah lembar tes dan lembar observasi. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif, populasi dan
sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di MI Miftahul Huda Kota Tasikmalaya. Hasil penelitian ini
menunjukkan banyak siswa yang merasa terbantu dalam belajar menulis, terbukti dengan 90% siswa dapat menulis
dengan panduan dan 65% siswa dapat menulis tanpa panduan, namun 95% siswa dapat menulis identitas dirinya
dengan aksara Sunda tanpa melihat panduan