Analisis Implementasi Sistem Hybrid Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik
Kata Kunci:
Hybrid Learning, Hasil BelajarAbstrak
Tujuan dari penelitian ini yakni menganalisis implementasi sistem hybrid learning terhadap
hasil belajar peserta didik sekolah dasar. Metode penelitian menggunakan pendekatan
kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SD Labolatorium
UPI Kota Tasikmalaya. Pengambilan data dan informasi dari penelitian ini melalui metode
wawancara dan observasi sebagai data utama serta dokumentasi sebagai data penunjang.
Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru kelas tinggi yang ada di SD Labolatorium
UPI Kota Tasikmalaya. Data dikumpulkan dan dianalisis secara kualitatif menggunakan
metode triangulasi. Adapun hasil penelitian ini dideskripsikan sebagai berikut: 1)
Implementasi hybrid learning memberikan dampak positif terhadap aktivitas dan kreatifitas
pembelajaran baik bagi guru dan peserta didik yang ditandai dengan adanya inovasi
pembelajaran, meningkatnya peran serta orang tua peserta didik sebagai solusi dari situasi
dan kondisi yang dihadapi saat pandemik agar mutu pembelajaran lebih baik; 2) Kendala
Pelaksanaan hybrid learning antara lain: membutuhkan tambahan waktu, biaya, motivasi dan
kreatifitas baik dalam perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi sebagai umpan balik guna
perbaikan pelaksanaan hybrid learning selanjutnya. 3) Hasil belajar pesertadidik melalui
hybrid learning mengalami peningkatan yang ditandai dengan hasil evaluasi belajar PJJ
sangat signifikan dibandingkan dengan hasilevaluasi belajar tatap muka.