Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Calon Guru Mi Pada Materi Bunyi Melalui Penggunaan Modul Berbasis STEM
Kata Kunci:
Kemampuan berpikir kritis, Modul berbasis STEMAbstrak
Kemampuan berpikir kritis tidak hanya dibutuhkan oleh siswa, namun juga diperlukan oleh
seorang calon guru. Seyogiyanya seorang calon guru yang memiliki kemampuan berpikir
kritis baik maka akan menghasilkan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis baik
pula. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis mahasiswa calon
guru MI. Tujuh orang orang mahasiswa yang mengikuti mata kuliah konsep dasar fisika
dijadikan sebagai partisipan. Data kemampuan berpikir kritis subjek diperoleh berdasarkan
hasil evaluasi dengan menggunakan modul berbasis STEM. Hasil analisis kemampuan
berpikir kritis menunjukkan bahwa calon guru sudah memperlihatkan kemampuan berpikir
kritis pada materi bunyi namun belum maksimal.