ZAKAT SEBAGAI INSTRUMEN PERTUMBUHAN EKONOMI MIKRO MELALUI PENGELOLAAN DANA ZAKAT PRODUKTIF UNTUK PEMBERDAYAAN MUSTAHIK DI BAZNAS KOTA TASIKMALAYA

Penulis

  • Siti Sundari

Kata Kunci:

Zakat, LAZISNU, Pemberdayaan Mustahik, Mustahik Empowerment

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengkaji pengelolaan dana zakat produktif untuk pemberdayaan mustahik pada LAZISNU Ponorogo. Dana zakat yang potensial dalam pemberdayaan masyarakat utamanya adalah dalam pengentasan kemiskinan. Sehingga distribusi dana zakat yang telah terkumpul tidak sembarangan. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Temuan dari penelitian ini adalah pemberdayaan yang dilakukan bisa untuk pemberian modal usaha, biaya pendidikan dan pelatihan terbukti telah mendongkrak layak hidup masyarakat dan membuka kesempatan dalam kesejahteraan social.

Abstract: This study aims to examine the management of productive zakat funds for the empowerment of mustahik in LAZISNU Ponorogo. Potential zakat funds in community empowerment are primarily in poverty alleviation. So that the distribution of zakat funds that have been collected is not arbitrary. This research method is a qualitative descriptive study. The findings of this study are that empowerment can be done to provide venture capital, the cost of education and training has been proven to have boosted people's lives and open up opportunities in social welfare.

Diterbitkan

2020-11-23