Strategi Promosi untuk Meningkatkan Jumlah Anggota Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Mitra Insan Mandiri

Penulis

  • Rani Nurnawati Institut Agama Islam Tasikmalaya

Kata Kunci:

Strategi, Promosi, Koperasi Simpan Pinjam

Abstrak

Dalam pemasaran lembaga koperasi akan ditempatkan dalam suatu pasar yang diibaratkan sebagai suatu medan
tempur bagi koperasi simpan pinjam yang telah bergerak dalam komunitas yang sama, maka perlu sekali
menciptakan suatu strategi promosi agar dapat memenangkan persaingan tersebut. Dengan adanya persaingan
antara koperasi dengan lembaga-lembaga keuangan lain, maka bagian manajemen koperasi harus mampu
mengolah perusahaan dengan baik, agar konsumen atau para anggota tidak beralih kepada lembaga-lembaga
keuangan yang lain. Penggunaan strategi promosi saat ini sudah lazim dilakukan oleh lembaga-lembaga
keuangan, oleh karena itu untuk memajukan koperasi simpan pinjam supaya memiliki daya saing yang kuat
yakni dengan cara menggunakan strategi promosi yang baik dan tepat sasaran. Dengan adanya strategi promosi
yang baik maka posisi koperasi simpan pinjam akan menjadi kuat dalam kegiatannya, terutama dalam
menghadapai persaingan saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Promosi dan
upaya yang dilakukan oleh KSPPS MIM untuk meningkatkan jumlah anggotanya. Data dikumpulkan dari
sumber primer yakni dengan melakukan observasi dan wawancara langsung ke lembaga koperasi sementara
untuk data sekunder seperti literatur, laporan, dan dokumen terkait perkembangan data anggota koperasi.
Hasilnya menunjukan bahwa koperasi telah menerapkan upaya startegi promosi melalui Personal Selling,
aktifasi dan pendataan anggota dan periklanan melalui pemanfaatan digitalisasi sosial media, dan pelaksanaan
kegiatan pendidikan koperasi merupakan fokus utama yang dilakukan oleh lembaga sebagai upaya untuk
mempertahankan dan merekrut anggota koperasi

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-31

Terbitan

Bagian

Articles