PENGARUH KUALITAS PELAYANAN ZAKAT TERHADAP KEPUASAN MUZAKKI DI BAZNAS KOTA TASIKMALAYA (Studi Kasus Pada Muzakki di Baznas Kota Tasikmalaya)

Penulis

  • Irwan Fauzy Ridwan Institut Agama Islam Tasikmalaya

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan, BAZNAS Kota Tasikmalaya

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk menganalisis dan mengetahui seberapa besar kualitas pelayanan
zakat dan seberapa besar tingkat kepusan muzakki terhadap BAZNAS Kota Tasikmlaya dan untuk
mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara kualitas pelayanan zakat terhadap kepuasan Muzakki yang
dilakukan oleh BAZNAS Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data
primer dilakukan dengan metode survey dengan pendekan kuantitatif. Metode analisis yang digunakan
adalah Analisis Regresi Linear Sederhana. Dalam penelitian ini untuk menguji hubungan hipotesis,
pengolahan data dilakukan menggunakan perangkat lunak Software SPSS Statistics version 24.
Berdasarkan hasil analisis data menggunakan Software SPSS Statistics version 24 diketahui bahwa
kuklitas pelayanan zakat di Kota Tasikmalaya perlu adanya perhatian khusus dikarenakan pelayanan yang
dilakukan oleh BAZNAS Kota Tasimalaya kurang maksimal. Dapat dilihat dari data yang disebarkan,
terdapat beberapa yang kurang merasakandan kurang puas atas kualitas pelayanan yang dberikan oleh
BAZAS Kota Tasikmalaya. Kepuasan muzakki terhadap BAZNAS Kota Tasikmalaya bisa dikatakan
cukup puas ini berdasarkan kuisioner yang dilakukan kepada sejumlah muzakki namun masih ada yang
kurang puasa atas kinerja BAZNAS Kota Tasikmalaya Pengaruh langsung kualitas pelayanan terhadap
kepuasan muzakki, berdasarkan perhitungan satatistik uji t diperoleh nilai t hitung sebesar -0,030 dengan
nilai signifikansi 0,976 lebih besar dari 0,05 (0,976 > 0,05) dan koefisien regresi mempunyai nilai
negative sebesar -0,006. Dengan demikian kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan muzakki. Nilai koefisien antara variabel kualitas pelayanan dengan kepuasan muzakki di
BAZNAS Kota Tasikmalaya yang dibentuk menghasilkan sebuah hubungan yang negative. Dengan hasil
korelasi sebesar -0,006 hal ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan oleh BAZNAS
Kota Tasikmalaya masih jauh dari harapan dan belum dapat dirasakan oleh muzakki di BAZNAS Kota
Tasikmalaya atau bisa dikatakan kualitas pelayanan masih sangat rendah.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-31

Terbitan

Bagian

Articles