Agama dan Marketplace : Muslim Baru Sebagai Arus Utama Dalam Pertumbuhan Ekonomi Global

Penulis

  • Dede Aji Mardani Institut Agama Islam Tasikmalaya

Kata Kunci:

Agama dan Ekonomi, Marketplace, Muslim Arus Baru

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak konsumen muslim baik Indonesia maupun global
dalam memberikan sumbangan PDB secara menyeluruh, melalui marketplace. Selain itu bagaimana konsep dan
etika yang dipakai para konsumen muslim global dalam melakukan transaki pembelian di marketplace. Metode
yang digunakan adalah metode kaulitatif dengan pendekatan konten analisis ontologi formal dari kesatuan
bidang agama dan ekonomi dibangun di dalam ranah nilai-nilai moral, sosial, dan ekonomi yang interkonektif
dan menyatu secara organis. Sebuah model fenomenologis dari pandangan dunia (world view) terpadu yang
berlaku untuk konsep sistemik.hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat empat bentuk muslim dalam
menerima pangsa dengan marekeplace1)rasionalis2)apektif3)apatis4)kompromis. Sedangkan sumbangan
pendapatan muslim pada sektor pasar global menunjukan empat arus utama muslim dalam bertransakis yaitu
terciptanya pangsa pasar muslim baru2)kelas muslim menengah3)peran imigran dalam membentuk pasar baru
dan terciptanya peta jalan baru muslim(resegregasi moslem)

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-16