PERAN PENDIDIKAN AKUNTANSI SYARIAH DALAM MEMBENTUK ETIKA PROFESIONAL MAHASISWA AKUNTANSI

Penulis

  • Rini Muflihah Institut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70143/lazhulma.v6i1.499

Kata Kunci:

Pendidikan Akuntansi Syariah, Etika Profesional, Kurikulum Akuntansi Syariah.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran pendidikan akuntansi syariah dalam membentuk etika profesional mahasiswa akuntansi di Indonesia. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 300 mahasiswa jurusan akuntansi yang mengikuti mata kuliah akuntansi syariah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan akuntansi syariah memiliki pengaruh signifikan terhadap pembentukan etika profesional mahasiswa. Mahasiswa yang memiliki pemahaman yang baik mengenai prinsip-prinsip syariah, seperti larangan riba, gharar, dan maysir, cenderung lebih mengutamakan nilai-nilai etika dalam praktik akuntansi, seperti integritas, transparansi, dan keadilan. Meskipun demikian, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa penerapan prinsip-prinsip tersebut dalam dunia kerja masih terbatas, yang menunjukkan perlunya pengembangan lebih lanjut dalam kurikulum dan metode pengajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi penting untuk pengembangan kurikulum pendidikan akuntansi syariah yang lebih efektif dalam membentuk etika profesional yang tinggi pada mahasiswa

Unduhan

Diterbitkan

2025-03-30

Terbitan

Bagian

Articles