PENGARUH MANAJEMEN KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SDN 2 DAWAGUNG TASIKMALAYA

Penulis

  • Siti Aulia Syaudia Institut Agama Islam Tasikmalaya
  • Laili Rahmatul Fajri Institut Agama Islam Tasikmalaya
  • Doni Nugraha Institut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70143/manajerial.v4i1.354

Kata Kunci:

Manajemen Kelas, Motivasi Belajar Siswa.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen kelas terhadap motivasi belajar siswa di SDN 2 Dawagung Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik penyebaran kuesioner atau angket dan studi dokumentasi. Informan meliputi kepala sekolah, guru dan siswa kelas 4,5 dan 6 SDN 2 Dawagung Tasikmalaya. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis kuantitatif yang meliputi pengumpulan data, pengujian data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data, peneliti menggunakan uji validitas dan reliabilitas dengan aplikasi IBM SPSS versi 26.0 MacOS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan manajemen kelas dan motivasi belajar siswa di SDN 2 Dawagung Tasikmalaya berada pada kategori sedang. Pada uji determinasi yang telah dilakukan, diperoleh hasil perhitungan sebesar 40,1%, angka tersebut memiliki makna bahwa variabel manajemen kelas memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar, adapun 59,9% merupakan faktor lain yang memang tidak diteliti. Kemudian pengaruh manajemen kelas terhadap motivasi belajar di SDN 2 Dawagung Tasikmalaya, berdasarkan hasil pengujian statistik (Uji-T), Dengan kriteria pengujian jika nilai signifikansi < α (0,05) maka terdapat pengaruh. Hasil Uji – T yang dilakukan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000, dimana dapat diketahui bahwa 0,000 < 0,005 artinya terdapat pengaruh antara manajemen kelas terhadap motivasi belajar di SDN 2 Dawagung Tasikmalaya. test that was carried out, a calculation result of 40.1% was obtained. This figure means that the classroom management variable has an influence on learning motivation, while 59.9% is another factor that was not researched. Then the influence of class management on learning motivation at SDN 2 Dawagung Tasikmalaya, based on the results of statistical testing (T-Test). With the test criteria if the significance value is < α (0.05) then there is an influence. The results of the T-test carried out obtained a significance value of 0.000, where it can be seen that 0.000 < 0.005 means that there is an influence between class management on learning motivation at SDN 2 Dawagung Tasikmalaya

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-29

Terbitan

Bagian

Articles