UPAYA MENINGKATKAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS MELALUI PENGUNAAN MEDIA FLASH CARD PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AL-MUAWANAH

Penulis

  • Rahma Mardia Institut Agama Islam Tasikmalaya
  • Syahrani Hidayat Putri Institut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70143/almarifah.v5i1.338

Abstrak

Pengenalan kosa kata Bahasa Inggris perlu dikenalakan kepada anak sedini mungkin karena Bahasa Inggris merupakan Bahasa internasional yang digunakan. Berdasarkan hasil observasi di RA Al-Muawanah Kecamatan Cipedes Kelurahan Panglayungan tergolong masih rendah dengan rata-rata 37,9%. Oleh karena itu untu meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa inggris peneliti menggunakan media flash card sebagai media belajar anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model penelitian yang diambil ialah model PTK Kemmis dan Taggart yang dimulai dengan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dan rancangan kembali yang menjadi kerangka dasar penyelesaian masalah. Subjek pada penelitian ini 16 orang, 1 kepala sekolah, 1 guru dan 13 orang anak berusia 5-6 tahun di RA Al-Muawanah Kecamatan Cipedes Keluaran Panglayungan yang terdiri dari 7 oanak laki laki dan 7 anak perempuan. Objek penelitian yaitu peningkatan kosa kata Bahasa Inggris. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari siklus I yaitu 47,1%, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 74,5%, yang berakhir pada siklus III karena mengalami peningkatan yang signifikan menjadi 88,7%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui media flash carddapat meningkatkan kosa kata Bahasa Inggris anak usia 5-6 tahun di RA Al-Muawanah Kecamatan Cipedes Kelurahan Panglayungan.

Diterbitkan

2024-09-29

Terbitan

Bagian

Articles