UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN ECOLITERACY MELALUI PENGELOLAAN SAMPAH ORGANIK

Penulis

  • Haani Qurrotul Aeni Institut Agama Islam Tasikmalaya
  • Fina Apriani Institut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70143/almarifah.v5i1.343

Kata Kunci:

Ecoliteracy, Pengelolaan Sampah Organik, Anak Usia Dini

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan ecoliteracy pada anak-anak kelompok B di RA Manarul Huda, Kota Baru, Karawang, melalui pengelolaan sampah organik. Peningkatan ini terlihat dari kemampuan anak mengenali jenis-jenis sampah, mengetahui dampak dan cara mencegah kerusakan sampah, memahami pengelolaan dan manfaat sampah, menjaga kebersihan lingkungan, membuang sampah pada tempatnya, peduli terhadap lingkungan, mampu mendaur ulang sampah, dan menikmati kegiatan tersebut. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan subjek 15 anak dan data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan peningkatan dari kondisi awal di mana 60% anak berada pada kategori "Mulai Berkembang" dan 40% "Belum Berkembang". Setelah intervensi melalui pengelolaan sampah organik, terjadi peningkatan signifikan pada siklus I dengan 90% anak "Mulai Berkembang" dan hanya 10% "Belum Berkembang". Pada siklus II, kemampuan ecoliteracy anak terus meningkat, dengan 2,14% anak "Berkembang Sesuai Harapan", 3,75% "Mulai Berkembang", dan 3,75% anak menunjukkan perkembangan sangat baik. Secara keseluruhan, pengelolaan sampah organik terbukti efektif meningkatkan kemampuan ecoliteracy anak di RA Manarul Huda.

Diterbitkan

2024-09-29

Terbitan

Bagian

Articles