UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MENGGUNAKAN MEDIA POLYMER CLAY PADA SISWA KELOMPOK B DI SPS TAAM AL-MAARIJ
Kata Kunci:
Kemampuan Kreativitas Anak, Pendidikan Anak Usia Dini, Polymer ClayAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kreativitas anak usia dini kelompok B dengan menggunakan media polymer clay. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Model penelitian yang diambil menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas Kemmis dan McTaggart yang dimulai dengan perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, sehingga refleksi ini digunakan untuk merancang kembali yang menjadi kerangka dasar penyelesaian permasalahan. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 18 orang yakni anak usia kelompok B di SPS TAAM Al-Maarij Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya yang berjumlah 17 anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 11 anak perempuan, beserta 1 orang guru kelas B. Objek dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan kreativitas siswa melalui media polymer clay. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada saat dilakukan pratindakan, persentase kemampuan kreativitas anak sebesar 40%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus I tindakan ke 1 menjadi 56,46% , pada pelaksanaan siklus I tindakan ke 2 mengalami peningkatan lagi menjadi 68,23% , dan pada pelaksanaan siklus 2 tindakan ke 1 mengalami peningkatan lagi menjadi 74,114% berahir pada siklus 2 tindakan ke 2 karena mengalami peningkatan yang cukup signifikan menjadi 85,86%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media polymer clay dapat meningkatkan kemampuan kreativitas anak usia kelompok B di SPS TAAM Al-Maarij Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya.