ASATIDZUNA – Jurnal PGMI Vol. 07 No. 02 September 2025
DOI:
https://doi.org/10.70143/asatidzuna.v7i2.561Kata Kunci:
Flash Card, Partisipasi Aktif Verbal, Mufradat Bahasa ArabAbstrak
Rendahnya kemampuan partisipasi aktif siswa secara verbal yang menjadi salah satu permasalahan yang sering terjadi dalam pembelajaran bahasa Arab. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya media pembelajaran yang menarik bagi siswa. Dengan media flash card dalam pembelajaran bahasa Arab diharapkan dapat menarik perhatian siswa terhadap partisipasi aktif verbal untuk membantu penguasaan mufradat secara menyenangkan dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dan hambatan penggunaan media flash card dalam pembelajaran mufradat bahasa Arab, serta mengetahui kemampuan partisipasi aktif verbal siswa kelas IIB MI Nagarakasih 1. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, dengan tahapan pertama pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media flash card mendorong partisipasi aktif siswa secara verbal pada penguasaan mufradat pembelajaran bahasa Arab. Siswa antusias belajar karena gambar pada flash card memudahkan mengingat mufradat. Hal ini memungkinkan siswa untuk mengulang, menghafal, dan bahkan menerjemahkan mufradat secara mandiri, tanpa bantuan terus-menerus dari guru. Kemampuan partisipasi aktif tidak hanya keterlibatan verbal, tetapi juga pemahaman yang mendalam dan kemampuan untuk menguasai materi secara mandiri