PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA GRAFIS DENGAN DIAGRAM DAN GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI MENGUMPULKAN DATA DAN MEMBACA DATA DI KELAS VI MI CIPICUNG
DOI:
https://doi.org/10.70143/asatidzuna.v7i2.562Kata Kunci:
media grafis, pembelajaran matematika, hasil belajar, diagram, gambarAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas VI MI Cipicung dalam mata pelajaran Matematika, khususnya pada materi mengumpulkan dan membaca data. Hal ini diduga akibat metode pembelajaran konvensional yang minim visualisasi sehingga kurang menarik dan menyulitkan siswa memahami konsep abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media grafis berupa diagram dan gambar terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experiment) model One-Group Pre-test Post-test. Subjek penelitian adalah 22 siswa kelas VI MI Cipicung. Instrumen yang digunakan meliputi tes pre-test dan post-test, observasi, serta wawancara. Hasil pre-test menunjukkan rata-rata nilai sebesar 5,41, sedangkan post-test meningkat menjadi 7,91. Berdasarkan uji paired sample t-test diperoleh nilai t hitung sebesar 9,574 > t tabel 2,080 dengan nilai p-value sebesar 4,13 × 10⁻⁹ < 0,05, yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media grafis efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Media ini membantu siswa memvisualisasikan data secara lebih konkret, meningkatkan motivasi dan keterlibatan belajar, serta membuat pembelajaran lebih interaktif dan menyenangkan. Dengan demikian, media grafis dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang relevan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah dasar.