IMPLEMENTASI METODE PHONIC DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN DI KELAS 1 MADRASAH IBTIDAIYAH AROHMAH DADAHA

Penulis

  • Astri Nur Islamy Institut Agama Islam Tasikmalaya
  • Rahma Ramadani Institut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70143/asatidzuna.v7i2.565

Kata Kunci:

metode phonic, membaca permulaan, pembelajaran kualitatif

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode phonic dalam pembelajaran membaca permulaan di kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Arohmah Dadaha dan mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode tersebut. Latar belakang penelitian ini berangkat dari permasalahan rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa yang ditandai dengan masih banyaknya siswa yang belum mampu membaca kata-kata sederhana karena lemahnya penguasaan fonem dan grafem. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru kelas 1 dan peserta didik kelas 1 MI Arohmah Dadaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode phonic dilakukan melalui tahapan mengenalkan bunyi huruf secara individual, latihan penggabungan bunyi menjadi suku kata dan kata, serta pemanfaatan media bantu seperti kartu huruf dan gambar. Siswa menunjukkan antusiasme yang tinggi, partisipasi aktif dalam kegiatan belajar, serta peningkatan kemampuan membaca permulaan secara bertahap. Dengan demikian, metode phonic terbukti efektif dalam membantu siswa mengenali bunyi huruf, membentuk suku kata, dan membaca kata sederhana secara fonetis. Penelitian ini memberikan kontribusi positif bagi pengembangan pembelajaran membaca permulaan, khususnya di jenjang Madrasah Ibtidaiyah

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-29

Terbitan

Bagian

Articles