PENGARUH METODE KINDNESS TERADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI MEMBANDINGKAN DAN MENGURUTKAN BILANGAN SISWA KELAS II MI NANGELA KABUPATEN TASIKMALAYA
DOI:
https://doi.org/10.70143/asatidzuna.v7i2.566Kata Kunci:
Metode Kindness, hasil belajar, Matematika, siswa Madrasah IbtidaiyahAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam memahami konsep Matematika, khususnya pada materi membandingkan dan mengurutkan bilangan, sehingga diperlukan inovasi metode pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penerapan metode Kindness terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas II MI Nangela Kabupaten Tasikmalaya. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental one-group pretest-posttest, melibatkan 26 siswa sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui tes pretest dan posttest, kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas Shapiro-Wilk dan uji hipotesis Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata nilai siswa dari 47,7 pada pretest menjadi 78,85 pada posttest, dengan signifikansi 0,000 < 0,05 yang menandakan adanya perbedaan signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan. Temuan ini membuktikan bahwa metode Kindness berpengaruh positif dalam meningkatkan pemahaman dan motivasi siswa pada pembelajaran Matematika. Dengan demikian, penerapan metode Kindness dapat menjadi strategi efektif bagi guru dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif, menumbuhkan empati dan kerja sama antarsiswa, sekaligus meningkatkan capaian akademik di tingkat sekolah dasar.