Evaluasi BIMTEK Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Bahasa Inggris Madrasah Aliyah di Kota Tasikmalaya
DOI:
https://doi.org/10.70143/manajerial.v4i2.300Kata Kunci:
BIMTEK PKB, Evaluasi pelatihan, Model Kirkpatrick.Abstrak
Peningkatan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) sebagai bagian projek dari Madrasah Education Quality Reform
(MEQR) memiliki posisi strategis dalam penguatan kompetensi guru. Model bimbingan teknis (Bimtek) PKB ini
menggunakan model cascade. TIN (Tim Inti Nasional) membimtek Fasilitator Provinsi, selanjutnya Fasilitator
Provinsi membimtek Fasilitator Daerah. Siklus berikutnya Fasilitator Daerah membimbing Musyawarah Guru Mata
Pelajaran (MGMP). Penyelenggaraan PKB ini dilakukan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga
evaluasi program sehingga dapat diukur keberhasilannya. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan analisis
pelaksanaan evaluasi BIMTEK PKB di MGMP Bahasa Inggris Kota Tasikmalaya menggunakan model Kirkpatrick
pada level 1 dan 2. Informan dalam penelitian ini adalah guru yang terdaftar sebagai peserta BIMTEK PKB MGMP
Bahasa Inggris. Pengolahan data kedua level menggunakan rumus pembobotan Kirkpatrick. Hasil menunjukkan
bahwa tingkat kepuasan peserta berkisar 77-83%. Nilai rata-rata pre-test 46,58%, sedangkan nilai rata-rata post-test
58,50%.