STRATEGI PENGELOLAAN MODEL PENDIDIKAN INKLUSIF SEBAGAI SEKOLAH RAMAH ANAK BAGI PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS
DOI:
https://doi.org/10.70143/manajerial.v4i2.303Kata Kunci:
Manajemen Strategik, Pendidikan Inklusif, Peserta Didik Berkebutuhan KhususAbstrak
Manajemen strategik memberikan landasan yang tepat dalam menentukan arah pengembangan kesuksesan
lembaga pendidikan. Penerapan model pendidikan inklusif dapat memberikan akses yang luas bagi anak
berkebutuhan khusus untuk mendapatkan layanan pendidikan. Secara umum beberapa masalah yang sering
muncul dalam penyelenggaraan model pendidikan inklusif yakni kurangnya kesiapan sekolah, secara manajerial
maupun administratif dalam mengelola dan memberikan pelayanan yang tepat bagi anak berkebutuhan khusus.
Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan terkait implementasi manajemen strategik dalam menentukan
strategi yang tepat guna menjadikan sekolah inklusif yang ramah anak bagi peserta didik berkebutuhan khusus di
kelas reguler. Pendekatan yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan
teknik wawancara mendalam, observasi mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
model pendidikan inklusif yang ramah anak dapat diselenggaraan melalui beberapa strategi, pengelolaan peserta
didik baru, pengelolaan tenaga pendidik, pengelolaan sarana prasarana yang ramah disabilitas, serta
pengembangan kurikulum dengan mendesain program pembinaan khusus bagi peserta didik berkebutuhan
khusus.