MANAJEMEN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI BULLYING DI SMPN 13 KOTA TASIKMALAYA

Penulis

  • Wulan Triyani Institut Agama Islam Tasikmalaya
  • Ade Ikbal Pauji Institut Agama Islam Tasikmalaya
  • Amarullah Malik Institut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70143/manajerial.v4i1.351

Kata Kunci:

Bullying, Manajemen Bimbingan Konseling, Pendidikan.

Abstrak

Tindakan bullying merupakan salah satu dosa besar yang mencemari pendidikan di Indonesia. Bentuk distorsi moralitas tindak kekerasan yang kerap terjadi di sekolah. Keberadaan manajemen bimbingan dan konseling memiliki fungsi dan peranan yang sangat penting dalam mencegah dan menanggulangi segala bentuk bullying yang terjadi di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis terkait peran dan fungsi manajemen bimbingan konseling mulai dari aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam mengatasi tindakan bullying di SMPN 13 Kota Tasikmalaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen bimbingan dan konseling di SMPN 13 Kota Tasikmalaya telah terlaksana dengan baik, hal ini bisa dilihat dari, pertama aspek perencanaan diawali dengan penyusunan program layanan bimbingan dan konseling yang bermuara dari hasil asesmen dengan menggunakan analisis jenis Inventori Tugas Perkembangan (ITP) dan Aplikasi Tugas Perkembangan (ATP) yang dijadikan sebagai acuan untuk penyusunan program layanan bimbingan dan konseling bagi siswa, kedua dalam tahap pelaksanaan, pihak sekolah menentukan jenis layanan yang diberikan kepada siswa diantaranya layanan individu, kelompok dan klasikal serta layanan responsif sebagai bentuk layanan khusus untuk mengatasi kasus bullying di sekolah, dan ketiga evaluasi yakni melalui supervisi langsung dari kepala sekolah dan juga tim monitoring yang dilakukan secara rutin satu kali dalam satu semester, yang bertujuan untuk menilai sejauh mana implementasi program layanan bimbingan dan konseling di SMPN 13 Kotas Tasikmalaya tersebut. Hasil evaluasi tersebut menjadi umpan balik bagi peningkatan program layanan bimbingan konseling yang efektif dan efisien.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-29

Terbitan

Bagian

Articles