IMPLEMENTASI BALANCED SCORECARD DALAM PENGUKURAN KINERJA MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI MADRASAH DINIAH TAKMILIAH AWWALIAH DESA SUKASENANG.

Penulis

  • Ari Samsul Bahri Institut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70143/manajerial.v1i1.77

Kata Kunci:

Efektivitas, Manajemen Madrasah, Balanced Scorecard

Abstrak

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dalam manajemen Madrasah dengan menggunakan
analisis kinerja balanced scorecard, diantaranya dengan menggunakan empat perspektif, keuangan,
pelanggan, proses bisnis internal serta pembelajaran dan pertumbuhan di Madrasah Penelitian ini
menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan model deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah
dilakukan diketahui bahwa Manajemen Madrasah dengan pendekatan balanced scorecard dikategorikan
baik. Karena pengukuran di empat perspektif hampir mendekati target yang diharapkan. Setelah diukur
dengan pendekatan balanced scorecard kemudian dianalisis dengan indikator efektivitas menurut
Danim, maka hasil yang didapat manajemen Madrasah bisa dikatakan efektif.

Diterbitkan

2022-09-16