ANALISIS PERMINTAAN SEMBAKO DI BULAN SUCI RAMADHAN

(Studi Kasus di Pasar Baru Cikatomas 2022-2024)

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.70143/lazhulma.v5i1.356

Kata Kunci:

Pola Konsumsi, Bulan Ramadhan, Pedagang

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui analisis permintaan sembako di bulan suci ramadhan (Studi Kasus di Pasar Baru Cikatomas 2022-2024). Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah pedagang pasar di Cikatomas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Snowball Sampling, Penelitian ini mengeksplorasi faktor-faktor penyebab kenaikan harga sembako selama bulan Ramadhan, dengan fokus pada peningkatan permintaan musiman. Penelitian ini menemukan bahwa lonjakan harga disebabkan oleh tradisi persiapan hidangan spesial, peningkatan pendapatan, serta faktor-faktor lain seperti biaya produksi dan distribusi serta kebijakan impor. Setelah periode puncak permintaan, harga cenderung stabil atau menurun. Perubahan pola konsumsi dan nilai budaya juga mempengaruhi dinamika harga sembako, di mana konsumen cenderung membeli bahan makanan berkualitas tinggi selama bulan suci meskipun harganya meningkat. Penelitian ini mengidentifikasi bahwa faktor-faktor seperti spekulasi harga oleh pedagang besar dan peningkatan konsumsi daging ayam serta telur turut menyumbang terhadap lonjakan harga. Temuan ini menggambarkan bagaimana nilai-nilai budaya dan sosial memengaruhi pola konsumsi dan harga sembako selama periode-periode khusus ini, serta memberikan wawasan tentang bagaimana fluktuasi harga dapat dikelola dengan mempertimbangkan faktor musiman, produksi, dan distribusi

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-30

Terbitan

Bagian

Articles