PENGARUH CUSTOMER REVIEW, CUSTOMER RATING, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA PLATFORM SHOPEE

(Studi Kasus Pada Pengguna Platform Shopee di Institut Agama Islam Tasikmalaya Tahun 2024)

Penulis

  • Wilda Nurafifah Institut Agama Islam Tasikmalaya
  • Rini Muflihah Institut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70143/lazhulma.v5i1.370

Kata Kunci:

Customer Review, Customer Rating, Harga, Keputusan Pembelian

Abstrak

Teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang sangat pesat di era digitalisasi saat ini ditandai dengan munculnya jaringan internet. salah satu aspek yang secara signifikan dipengaruhi oleh teknologi adalah strategi pemasaran. perusahaan atau toko menjual produk secara langsung dengan menyediakan tempat bagi pelanggan untuk datang dan membeli barang. Berbeda dengan sebelumnya, saat ini sudah banyak bisnis atau toko yang mengakui kemajuan teknologi, sehingga mereka menggunakan e-commerce sebagai strategi pemasaran untuk menjual produknya. Dalam hal ini ulasan (customer review), rating dan harga memiliki peran penting di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh customer review, customer rating dan harga terhadap keputusan pembelian pada platform shopee pada mahasiswa pengguna platform shopee di Institut Agama Islam Tasikmalaya Tahun 2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, jenis data yang digunakan adalah data primer dimana sampel yang diambil sebanyak 116 responden dengan mengedarkan kuesioner (angket). Hasil penelitian menunjukan bahwa ketiga variabel ini berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap keputusan pembelian. Customer review, customer rating dan harga dapat meningkatkan penjualan bagi penjual di e-commerce dan dapat meningkatkan kepuasan bagi customer.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-30

Terbitan

Bagian

Articles