UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS RELIGIUSITAS DI SMP YAPIDA CISAYONG KABUPATEN TASIKMALAYA

Penulis

  • Jani Sanjari T Institut Agama Islam Tasikmalaya

Kata Kunci:

Karakter, Manajemen, Religiositas

Abstrak

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, lokasinya di SMP YAPIDA Cisayong Tasikmalaya, teknik pengumpulan datanya dengan observasi partisipasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan secara interaktif, sedangkan pengecekan keabsahan datanya dengan menggunakan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Perencanaan pendidikan berbasis manajemen Religiositas di SMP YAPIDA Cisayong Tasikmalaya melalui merumuskan visi misi sekolah, melakukan rapat dengan guru-guru, melakukan rapat dengan para orang tua/wali peserta didik, rencana menerapkan pembiasaan. Pelaksanaannya dimulai dari program yang ditentukan pada awal tahun, kemudian dilaksanakan mulai dari kegiatan harian, mingguan dan insidental. Setelah peserta didik terbiasa melaksanakan semua kegiatan di sekolah, peserta didik mampu menerapkan perilaku Religiositas dimanapun berada, mereka terbiasa dengan perilaku akhlak mulia. Faktor penghambatnya adalah kurangnya kerja sama secara maksimal semua stakeholders sekolah dan kurangnya dukungan dari orang tua peserta didik dan faktor pendukungnya adalah visi misi sekolah, SDM Pendidik memenuhi standar dan lingkungan sekolah berdekatan dengan pondok pesantren walaupun bukan struktur sekolah.

Unduhan

Diterbitkan

2023-03-30