PROBLEMATIKA PENUTUR NON ARAB DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Penulis

  • Udin Zaenudin Institut Agama Islam Tasikmalaya
  • Wafiq Ropiatul Munawaroh Institut Agama Islam Tasikmalaya

Kata Kunci:

Problematika, Non Arab, Pembelajaran

Abstrak

Di Indonesia permasalahan pembelajaran Bahasa Arab bagi non Arab seolah tidak pernah tersolusikan, padahal telah banyak metode-metode pembelajaran Bahasa Arab yang ditulis oleh para fakar Bahasa Arab. Permasalahan ini tercermin dari masih banyaknya para pembelajar yang masih merasa kesulitan dalam menguasai Bahasa Arab, serta membutuhkan waktu yang tidak singkat untuk menguasai empat keterampilan Bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari problematika serta kesulitan yang dihadapi oleh para pembelajar Bahasa Arab kemudian berusaha mencari faktor-faktor penyabab problematika tersebut agar mudah melakukan upaya-upaya untuk mengatasi faktor-faktor tersebut, juga mempermudah para pembelajar Non Arab dalam menguasai 4 keterampilan berbahasa. Data skunder dikumpulkan dari sumber skunder seperti buku-buku atau tulisan-tulisan yang berkaitan dengan objek penelitian, antara lain Kamus Bahasa Indonesia serta buku-buku lain. Hasilnya dalam mempelajari Bahasa Arab para pembelajar dihadapkan dengan problematika yang tidak bisa dihindari oleh pembelajar Non Arab yaitu problematika linguistik dan non linguistik. Untuk melaluinya pembelajar harus memperhatikan problematika tersebut dan faktor-faktor lainya yang menyebabkan terjadinya problem dengan memperhatikan hal-hal berikut; perbaikan kualitas pengajar, memberikan motivasi kepada siswa, pemilihan metode pembelajaran yang tepat, membentuk lingkungan bahasa dan evaluasi berkelanjutan.

Unduhan

Diterbitkan

2023-03-30 — Diperbaharui pada 2023-11-24

Versi