IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS INFORMATION COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA (Studi Kasus Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAN 1 Kota Tasikmlaya)

Penulis

  • Asep Wildan Institut Agama Islam Tasikmalaya

Kata Kunci:

ICT, Kreativitas Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis Information Communication Technology (ICT) terhadap kreativitas belajar siswa di MAN 1 Kota Tasikmalaya. Penelitian ini ditujukan pada peserta didik kelas X di MAN 1 Kota Tasikmlaya dengan sampel 84 peseerta didik. Penelitian ini menggunakan metode suvey dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrument yang digunakan adalah angket dengan menggunakan skala likert. Teknik Analisa menggunakan korelasi product moment pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran ICT memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kreativitas belajar peserta didik. dapat diketahui angka korelasi (r) sebesar 0,903. Dari angka tersebut dapat dicari besarnya koefisien determinasi yang menunjukan pengaruh antara model pembe;ajaran ICT (variabel X) terhadap kreativitas belajar siswa (variabel Y) rumus KP = r² x 100%, dimana (KP adalah koefisien penentu atau determinan dan r adalah koefisien korelasi) KP = r² x 100% KP = 0,903² x 100% = 81,5%. Dari hasil perhitungan tersebut maka dapat di simpulkan bahwa kreativitas belajar dipengaruhi oleh model pembelajaran ICT sebesar 81,5% sedangkan sisanya 18,5% dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain yang tidak diteliti. Dari hasil uji-t dapat dilakukan pembahasan hipotesis yang diajukan sebagai berikut ini yaitu model pembeljaran berbasis ICT berpengaruh positif terhadap kreativitas belajar siswa MAN 1 Kota Tasikmlaya. Hasil analisis linier regresi sederhana menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasisis ICT memiliki thitung (0,903) > ttabel (0,220) terhadap kreativitas belajar di MAN 1 Kota Tasikmlaya.

 

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-01

Terbitan

Bagian

Articles