IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJAR BERBASIS SMART GAMES DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAPEL PAI DI SMPIT MIFTAHUL HUDA VII

Penulis

  • Asep Wildan Institut Agama Islam Tasikmalaya
  • Sheno Kusumanandi Institut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70143/hasbuna.v5i1.386

Abstrak

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin berkemabang saat ini dijadikan sebagai solusi dalam setiap permasalahan yang terjadi khususnya pada bidang pendidikan. Hal ini tentunya membawa dampak yang positif bagi dunia pendidikan. Pemebelajaran di kelas tidak akan efektif jika hanya menggunakan satu metode dalam pembelajaran melainkan harus didukung oleh berbagai metode pembelajaran yang lain agar suasana kelas menjadi lebih hidup dan tidak terkesan monoton. Untuk tercapainya tujuan pembelajaran salah satunya dengan pemilihan suatu strategi atau metode pembelajaran. Guru berinovasi menggunakan berbagai metode pembelajaran, salah satunya menggunakan metode smart games metode berbasis game ini menggunakan media berupa quiz. Pembelajaran PAI merupakan pembelajaran yang dalam satu minggunya hanya dilaksanakan dua jam pembelajaran. Untuk menghilangkan rasa bosan pada peserta didik, guru berinovasi dan berkreasi dengan mengemas pembelajaran dengan metode bermain. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian yang memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan dari metode smart game dalam pembelajran PAI di SMPIT Miftahul Huda VII, Tasikmalaya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan data disajikan dalam bentuk deskriptif. Peneliti mengumpulkan data penelitian dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisi data penelitian pada pembelajaran PAI yang menggunakan metode smart game bahwa :Metode smart game digunakan sebagai evaluasi pembelajran; Metode smart game diterapkan sesuai dengan materi; Dalam penerapannya metode ini termasuk metode yang digemari peserta didik; Berdasarkan hasil penelitian, peneliti dapat melihat dan menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode tersebut menjadikan suasana kelas yang aktif dan membawa kesenangan serta kenyamanan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-02

Terbitan

Bagian

Articles