IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI BUDAYA DISIPLIN DI PESANTREN DAARUL ANBA BANTARGEDANG
DOI:
https://doi.org/10.70143/hasbuna.v5i1.387Kata Kunci:
Pendidikan Karakter,Budaya DisiplinAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Apa saja Program Kedisiplinan yang ada di Pesantren Daarul Anba Bantargedang (2)Bagaimana Implementasi Pendidikan Karakter melalui Budaya Disiplin di Pesantren daarul Anba Bantargedang (3) Apa saja Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Pendidikan Karakter di Pesantren Daarul Anba Bantargedang (4) Bagaimana Hasil dari Pendidikan Karakter melalui Budaya Disiplin di Pesantren daarul Anba Bantargedang. Penelitian ini termasuk Penelitian Kualitatif dengan Teknik mengumpulkan data,wawacara, observasi,dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data,pengambilan kesimpulan. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwasannya (1) Program kedisiplinan di Pesantren Daarul Anba yaitu disiplin waktu, disiplin berpakaian, disiplin pembelajaran/pengajian, Peribadatan. (2) Implementasi Pendidikan melalui budaya disiplin di Pesantren Daarul Anba tentunya dalam kegiatan sehari-hari dalam pengajian,ibadah,bakti sosial. bahwa dengan diciptakannya kebiasaan tersebut menjadikan santri mempunyai akhlak yang mulia (3) Faktor Pendukung dan Penghaman Implementasi Pendidikan Karakter di Pesantren Daarul Anba yaitu Faktor pendukungnya meliputi lingkungan yang positif, dan untuk Faktor penghambatnya yaitu sikap santri yang membawa karakter kurang baik dari rumahnya dan sikap santri yang masih labil.(4) Hasil dari Implementasi Pendidikan Karakter di Pesantren Daarul Anba yaitu dari berbagai program kedisiplinan yang ada di pesantren tersebut menghasilkan manfaat khususnya Pendidikan karakter menjadikan santri mempunyai akhlak yang baik, dan melakukan kegiatan syang positif dalam pesantren maupun dirumah.