PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MI MIFTAHUL HUDA BABAKAN TENGAH

Penulis

  • Cecep Abdul Muis Institut Agama Islam Tasikmalaya
  • Nina Nur Sholehah Institut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70143/hasbuna.v5i1.388

Abstrak

Pengaruh media pembelajaran audio visual adalah guru menggunakan media audio visual dalam proses meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MI Miftahul Huda Babakan Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan objek kajian media pembelajaran audio visual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan seluruh siswa kelas IV di MI Miftahul Huda, dan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yaitu sebanyak 29 siswa. Tes yang digunakan yaitu pretest dan posttest, dan data yang dianalisis menggunakan SPSS. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada pretest dan posttest, hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai signifikansi sebesar 0,000. Sesuai dengan kaidah pengambilan keputusan 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya, media pembelajaran audio visual berpengaruh dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas IV di MI Miftahul Huda. Kemudian, nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 82,66 sedangkan kelas kontrol sebesar 45,00. Dari hasil tersebut terlihat ada perbedaan, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio visual berpengaruh dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas IV di MI Miftahul Huda.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-02

Terbitan

Bagian

Articles