PENGARUH PENGGUNAAN E LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MTS AL HIKMAH CIPASARA KEC. SALOPA KAB. TASIKMALAYA

Penulis

  • Iqbal Yusuf Anggia Institut Agama Islam Tasikmalaya
  • Nita Nurnafipah Institut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70143/hasbuna.v5i1.390

Kata Kunci:

Pembelajaran E Learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Abstrak

Perkembangan teknologi yang sangat pesat telah memiliki peranan yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan, termasuk di dalamnya untuk pendidikan. Guru dan siswa dituntut agar siap menggunakan teknologi sesuai perkembagan zaman serta dapat menjalankan pembelajaran e
learning seefektif dan semenarik mungkin agar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran e learning terhadap motivasi belajar siswa di MTs Al Hikmah Cipasara Kec. Salopa Kab. Tasikmalaya dan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran e learning terhadap hasil belajar siswa di MTs Al Hikmah Cipasara Kec. Salopa Kab. Tasikmalaya. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun instrumen penelitiannya menggunakan kuisioner. Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa yang ada di MTs Al Hikmah Cipasara sejumlah 52 siswa. Dan sampel yang diambil sejumlah 30 siswa dari kelas 8 dan 9 di MTs Al Hikmah Cipasara Kec. Salopa Kab. Tasikmalaya. Hasil analisis data penelitian ini dibantu dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25 disimpulkan bahwa: (1) tidak terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran e learning terhadap motivasi belajar siswa di MTs Al Hikmah Cipasara Kec. Salopa Kab. Tasikmalaya. (2) terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran e learning terhadap hasil belajar siswa di MTs Al
Hikmah Cipasara Kec. Salopa Kab. Tasikmalaya.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-02

Terbitan

Bagian

Articles