STRATEGI MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN SURAT PENDEK MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN KARTU (FLASH CARD) DI RAUDATUL ATHFAL (RA) AL HASANAH CIBEUTI KAWALU KOTA TASIKMALAYA

Penulis

  • Aja Rowi Karim Institut Agama Islam Tasikmalaya
  • Laila Nur Aeni Institut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70143/hasbuna.v5i1.391

Kata Kunci:

Hafalan Surat Pendek, Media Pembelajaran Kartu, Pendidikan Anak Usia Dini.

Abstrak

Kurangnya minat belajar menghafal peserta didik pada pembelajaran hafalan surat pendek yang kurang menark serta peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran menghafal suarat pendek. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh/keefektivan penggunaan media pembelajaran kartu (flashcard) terhadap meningkatkan hafalan surat pendek. Penelitian ini dilaksanakan di RA Al Hasanah Cibeuti Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya pada kelas B seemester II tahun pelajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan quasi eksperimen. Sampel peneliti ini berjumlah 30 siswa, namun dibagi dalam dua kelompok yaitu 15 siswa kelas ekperimen dengan menggunakan media kartu (flashcard) dan 15 siswa kelompok kontrol dengan menggunakan pembelajaran seperti biasanya. Hasil data dikumpulkan melalui tes hafalan sebelum dan sesudah penerapan media pembelajaran kartu. Nilai rata rata pretest kelas kontrol 69.00 dan kelas eksperimen 65.33, lalu sesudah diberi perlakuan pada kelas eksperimen mendapatkan hasil posttest nilai rata rata kelas kontrol 76.26 dan eksperimen 90,73. Lalu hasil analisis data menggunakan Uji T menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan hafalan surat pendek setelah penggunaan media pembelajaran kartu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran kartu efektif dalam meningkatkan kemampuan hafalan surat pendek siswa, sehingga direkomendasikan untuk diterapkan secara lebih luas di lingkungan pendidikan anak usia dini.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-02

Terbitan

Bagian

Articles