Optimalisasi Mutu Pendidikan Islam Melalui Strategi Komunikasi Organisasi Dalam Bingkai Kepemimpinan dan Perilaku Kerja yang Inklusif
DOI:
https://doi.org/10.70143/manajerial.v4i2.254Kata Kunci:
komunikasi organisasi, kepemimpinan dan perilaku kerja, optimalisasi mutu pendidikan islamAbstrak
Artikel ini membahas tentang strategi komunikasi organisasi dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam. Konsep dan teori komunikasi organisasi, termasuk model komunikasi organisasi, komunikasi dalam organisasi, dan peran kepemimpinan dalam komunikasi telah dijelaskan sebagai dasar dalam pemahaman strategi komunikasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dengan metode studi literatur, peneliti menggunakan beberapa buku, jurnal, dan hasil obserasi terbaru sebagai rujukan. Hasil temuan mengungkapkan bahwa strategi komunikasi yang baik dimulai dengan penentuan tujuan dan sasaran yang sesuai dengan visi pendidikan Islam lembaga. Pemahaman audiens, seperti siswa, dosen, dan staf, menjadi kunci dalam menyampaikan pesan yang relevan. Penggunaan saluran komunikasi yang tepat, pengelolaan krisis dan konflik yang sensitif, evaluasi dan umpan balik yang terus-menerus, serta keterlibatan seluruh komunitas pendidikan, adalah elemen penting dalam mencapai mutu pendidikan yang optimal. Artikel ini membuktikan bahwa komunikasi yang efektif adalah kunci untuk mencapai mutu pendidikan Islam yang optimal dan relevan dalam menghadapi tantangan zaman.