STRATEGI PENGELOLAAN MODEL PENDIDIKAN INKLUSIF SEBAGAI SEKOLAH RAMAH ANAK BAGI PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS
DOI:
https://doi.org/10.70143/manajerial.v4i2.278Kata Kunci:
Manajemen Strategik, Pendidikan Inklusif, Peserta Didik Berkebutuhan KhususAbstrak
Manajemen strategik memberikan landasan yang tepat dalam menentukan arah pengembangan kesuksesan lembaga pendidikan. Penerapan model pendidikan inklusif dapat memberikan akses yang luas bagi anak berkebutuhan khusus untuk mendapatkan layanan pendidikan. Secara umum beberapa masalah yang sering muncul dalam penyelenggaraan model pendidikan inklusif yakni kurangnya kesiapan sekolah, secara manajerial maupun administratif dalam mengelola dan memberikan pelayanan yang tepat bagi anak berkebutuhan khusus. Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan terkait implementasi manajemen strategik dalam menentukan strategi yang tepat guna menjadikan sekolah inklusif yang ramah anak bagi peserta didik berkebutuhan khusus di kelas reguler. Pendekatan yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pendidikan inklusif yang ramah anak dapat diselenggaraan melalui beberapa strategi, pengelolaan peserta didik baru, pengelolaan tenaga pendidik, pengelolaan sarana prasarana yang ramah disabilitas, serta pengembangan kurikulum dengan mendesain program pembinaan khusus bagi peserta didik berkebutuhan khusus.