KEDISIPLINAN DAN IKLIM SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA (PENELITIAN DI MI CIPEUSAR KOTA TASIKMALAYA)

Penulis

  • Doni Nugraha Institut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70143/manajerial.v4i2.301

Kata Kunci:

: kedispilinan;iklim sekolah; prsetasi; siswa

Abstrak

Tujuan penelitiani ini adalah menganalisis kedisiplinan dan iklim sekolah terhadap perstasi
belajar peserta didik di MI Cipeusar Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan adalah
kualitatif deskritif . hasil penelitian ini menunjukan bahwa Besarnya pengaruh kedisiplinan
dan iklim sekolah terhadap Y prestasi belajar peserta didik secara bersama-sama adalah
57,4%. Sedangkan sisanya yaitu 42,6% dari prestasi belajar peserta didik ditentukan oleh
variabel lain selain kedisiplinan dan iklim sekolah yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Mengacu dari hasil penelitian ini dimana diketahui bahwa kedisiplinan peserta didik dan
iklim sekolah berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik maka perlu kiranya bagi
peserta didik, guru, kepala sekolah dan wali murid untuk memperhatikan hal tersebut agar
proses belajar mengajar dapat memperoleh hasil yang memuaskan

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-31

Terbitan

Bagian

Articles