MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU

Penulis

  • Doni Nugraha Institut Agama Islam Tasikmalaya
  • Ujang Ade Nursamsudin

Kata Kunci:

Kepala Madrasah, Kinerja Guru, Manajemen

Abstrak

Kepala madrasah merupakan salah satu komponen pendidikan yang berpengaruh dalam meningkatkan kinerja guru. Oleh karena itu keberhasilan kepala madrasah dalam penerapan manajemen sangatlah penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah terutama dalam Poses Pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Penelitian ini berusaha mengungkap bagaimana manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode kualitatif Peneliti disini menggunakan pendekatan penelitian lapangan (field research). Penelitian dengan tujuan mendeksripsikan suatu populasi, situasi, fenomena, secara akurat dan sistematis. Sedangkan analisis datanya menggunakan melalui Observasi, Wawancara, Dokumentasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian menunjukkan bahwa : 1) Kepala Madrasah bertanggung jawab atas perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan madrasah, termasuk administrasi. 2) Kinerja guru di MA Almunir sangat penting dan melibatkan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Guru mampu menyusun RPP dengan baik, memilih metode yang tepat, dan melakukan evaluasI. 3) Manajemen kepala madrasah di MA Al Munir Desa Burujuljaya terlihat dalam perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi kinerja guru. Visi dan misi Madrasah diputuskan bersama. Pengorganisasian dimulai dari rekrutmen hingga penempatan tugas sesuai kebutuhan. Kepala madrasah memberikan pengawasan terhadap kinerja guru, dengan tujuan meningkatkan kualitas pendidikan di MA Al Munir Desa Burujuljaya. 4) Faktor penunjang pelaksanaan manajemen kepala madradah dalam meningkatkan kinerja guru meliputi sarana prasarana yang sesuai mutu pendidikan. 5) Kepala Madrasah di MA Al Munir Desa Burujuljaya memiliki tugas dan strategi untuk meningkatkan kinerja guru dengan manajemen yang positif, berdampak pada prestasi peserta didik dan keberhasilan sekolah.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-15

Terbitan

Bagian

Articles