EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM PENILAIAN KINERJA KEPALA MADRASAH (PKKM) MENGGUNAKAN MODEL EVALUASI CIPP
DOI:
https://doi.org/10.70143/manajerial.v6i1.462Kata Kunci:
PKKM, Evaluasi Program, Model Evaluasi CIPPAbstrak
Madrasah harus dikelola dengan sistem manajemen profesional dan mampu memahami serta memenuhi tuntutan masyarakat. Di sinilah peran seorang kepemimpinan dibutuhkan. Kepala madrasah memiliki peran sentral dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pendidikan di madrasah. Kepala madrasah tidak hanya bertindak sebagai pemimpin administratif, tetapi juga sebagai manajer, inovator, dan motivator yang bertanggung jawab dalam mengelola sumber daya, meningkatkan kualitas pembelajaran, serta memastikan tercapainya visi dan misi lembaga. Kinerja kepala madrasah yang efektif dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, meningkatkan kualitas pendidikan, dan mempersiapkan peserta didik yang kompeten.Salah satu program peningkatan kinerja kepala madrasah adalah Program Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) yang menjadi dasar pelaksanaanya adalah Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) No. 1111 tahun 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas pelaksanaan program Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, dan Product). Model CIPP tidak hanya fokus pada hasil, tetapi juga konteks, masukan, proses, dan hasil. Oleh karena itu, model CIPP dikatakan lebih komprehensif dibandingkan dengan model evaluasi lainnya. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode evaluasi CIPP dengan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner. Sampel penelitian adalah madrasah, khususnya Madrasah Tsanawiyah Swasta di Kota Tasikmalaya yang sudah melaksanakan program PKKM beberapa kali yang meliputi kepala madrasah, pengawas, guru, dan tenaga kependidikan. Analisis data dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif serta menggunakan model evaluasi CIPP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Penilaian Kinerja Kepala Madrasah dengan model CIPP dinilai efektif dalam meningkatkan kinerja kepala madrasah dan kualitas madrasah