PENGARUH MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTS NEGERI 2 KOTA TASIKMALAYA
DOI:
https://doi.org/10.70143/manajerial.v7i2.545Kata Kunci:
Manajemen Tenaga Pendidik, Hasil Belajar, PengaruhAbstrak
Hasil belajar peserta didik dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah manajemen tenaga pendidik yang berperan penting dalam menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan berkualitas. MTs Negeri 2 Kota Tasikmakaya dipilih sebagai lokasi penelitian karena sekolah ini merupakan salah satu madrasah negeri yang memiliki peran strategis dalam meningkatkan kualitas hasil belajar peserta didik, serta menunjukkan adanya fenomena yang relevan dengan topik yang dikaji, yaitu manajemen tenaga pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh manajemen tenaga pendidik terhadap hasil belajar peserta didik di MTs Negeri 2 Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional dengan teknik pengumpulan data berupa angket dan studi dokumentasi yang valid dan reliabel. Populasi penelitian terdiri dari 55 tenaga pendidik dan 64 peserta didik. Sampel tenaga pendidik diambil secara jenuh, sedangkan peserta didik sebanyak 55 orang dipilih menggunakan rumus Slovin agar representatif. Data dianalisis menggunakan aplikasi IBM SPSS versi 26 Windows melalui uji validitas, reliabilitas, koefisien determinasi, dan uji-t untuk menguji hipotesis. Hasil analisis deskriptif di MTs Negeri 2 Kota Tasikmalaya menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan manajemen tenaga pendidik dan berada pada kategori sedang dengan rata-rata 61,8%. Sementara itu, hasil belajar peserta didik juga didominasi kategori sedang dengan rata-rata 65,5%. Uji-t menghasilkan nilai t-hitung 5,023 > t-tabel 1,674 dan signifikansi 0,000, menunjukkan pengaruh signifikan. Nilai R2 sebesar 0,323 mengindikasikan bahwa manajemen tenaga pendidik berpengaruh sebesar 32,3% terhadap hasil belajar peserta didik di MTs Negeri 2 Kota Tasikmalaya, sedangkan sisanya sebesar 67,7% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel penelitian. Nilai signifikansi uji-t sebesar 0,000 (< 0,05) menunjukkan bahwa pengaruh tersebut signifikan secara statistik. Temuan ini memperkuat pentingnya optimalisasi pengelolaan tenaga pendidik dalam upaya meningkatkan capaian akademik peserta didik secara menyeluruh.
