PENGARUH MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP MORAL PESERTA DIDIK DI MTS NEGERI 2 KOTA TASIKMALAYA

Penulis

  • Sabrina Nur Halijah Institut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70143/manajerial.v7i2.546

Kata Kunci:

Manajemen Bimbingan dan Konseling, Moral Peserta Didik, Pendidikan Karakter

Abstrak

Manajemen bimbingan dan konseling memiliki peran strategis dalam membentuk moral peserta didik di sekolah. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh manajemen bimbingan dan konseling terhadap moral peserta didik di MTs Negeri 2 Kota Tasikmalaya. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan teknik pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Sampel penelitian melibatkan 55 tenaga pendidik dan 55 peserta didik, dengan analisis data dilakukan menggunakan IBM SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen bimbingan dan konseling berada pada kategori sedang dengan persentase 63,6%, sedangkan moral peserta didik juga berada pada kategori sedang dengan persentase 74,5%. Uji determinasi menghasilkan nilai 36,6%, yang berarti manajemen bimbingan dan konseling memberikan kontribusi cukup signifikan terhadap moral peserta didik, sementara sisanya dipengaruhi faktor lain. Uji-t dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 semakin menegaskan adanya pengaruh signifikan. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun manajemen bimbingan dan konseling bukan satu-satunya faktor, perannya tetap substansial dalam pembinaan moral, sehingga perlu diperkuat secara sistematis dan berkelanjutan.

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-28

Terbitan

Bagian

Articles