KEEFEKTIFAN PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK DAN PENGEMBANGAN PROFESI GURU OLEH KEPALA SEKOLAH DI SDIT ABU BAKAR ASH-SHIDDIQ KECAMATAN RAJAPOLAH

Penulis

  • Amarullah Malik Institut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70143/manajerial.v1i1.76

Kata Kunci:

supervisi akademik

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan perencanaan, keefektifan
metode supervisi akademik, kesesuaian hasil supervisi akademik kepala sekolah, dan
mengetahui tindaklanjut hasil supervisi akademik kepala sekolah. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu metode penelitian yang bersifat Studi
kasus dan bertujuan untuk memperoleh keterangan, informasi, data mengenai hal-hal
yang belum diketahui Berdasarkan hasil penelitian maka dapat dirumuskan simpulan
sebagai berikut. (1) Keefektifan perencanaan supervisi akdemik kepala sekolah berada
pada kategori efektif, (2) Keefektifan metode supervisi akademik kepala sekolah berada
pada kategori efektif, (3) Kesesuaian pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah
dengan masalah yang dihadapi guru berada pada kategori efektif, (4) Tindaklanjut hasil
supervisi akademik kepala sekolah diperoleh berada pada cukup efektif. Berdasarkan
hasil penelitian yang peneliti lakukan, maka peneliti memberikan saran kepada
beberapa pihak seperti berikut ini: (1) Kepada pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
Kabupaten Boalemo hendaknya pelaksanaan supervisi akademik di sekolah dievaluasi
dan dianalisis guna menemui berbagai bentuk kesulitan yang dapat diidentifikasi
menjadi faktor penghambat kegiatan supervisi akademik kepala sekolah berdasarkan
hasil monitoring dan evaluasi yang telah dilaksanakan dan faktor pendukung yang
menjadi kekuatan dalam pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah, (2) Bagi
kepala sekolah hendaknya dapat meningkatkan dan merumuskan atau merencanakan
program supervisi akademik dengan melibatkan rapat bersama guru dan wakil kepala
sekolah melalui pembentukan tim supervisi akademik sekolah melalui Surat Keputusan
(SK) Kepala Sekolah, (3) Bagi guru hendaknya hasil penelitian ini dapat dijadikan
bahan informasi untuk meningkatkan profesional yang meliputi kompetensi pedagogik,
kompetensi keperibadian, kompetensi sosial dan kompetensi professional, (4) Bagi
forum MGMP hendaknya hasil penelitian dapat dijadikan bahan informasi untuk
melakukan pembinaan guru secara kontinu dan sistematis pada kegiatan in service dan
on service sehingga perbaikan kompetensi guru dapat ditingkatkan, (5) Bagi penulis
hasil penelitian ini dapat dijadikan motivasi melakukan kegiatan penelitian ilmiah
sehingga perbaikan proses pembelajaran dapat dilakukan secara berkesinambungan
guna meningkatkan kompetensi professional.

Diterbitkan

2022-09-16