IMPLEMENTASI SUPERVISI PENGAWAS MADRASAH DALAM PENINGKATAN KINERJA KEPALA MADRASAH

Penulis

  • Doni Nugraha Institut Agama Islam Tasikmalaya
  • Ayu Lestari Institut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70143/manajerial.v7i2.543

Kata Kunci:

Supervisi, pengawas madrasah, kinerja kepala madrasah, mutu pendidikan

Abstrak

Di era globalisasi tuntutan terhadap mutu pendidikan semakin meningkat, sehingga peran kepala madrasah sebagai ujung tombak manajemen pendidikan menjadi sangat strategis dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di madrasah. Kinerja kepala madrasah yang efektif tidak terlepas dari supervisi yang dilakukan oleh pengawas madrasah, yang bertugas membina, mengawasi, serta mengevaluasi pelaksanaan tugas kepala madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan supervisi pengawas madrasah dalam peningkatan kinerja kepala madrasah di MTs. Jidris Assalam Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya, (2) mendeskripsikan evaluasi supervisi pengawas madrasah dalam peningkatan kineja kepala madrasah di MTs. Jidris Assalam Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya dan (3) mendeskripsikan dampak pelaksanaan supervisi pengawas madrasah dalam peningkatan kinerja kepala madrasah di MTs. Jidris Assalam Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya.Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara mendalam dengan pengawas madrasah, kepala madrasah dan staf terkait serta dokumentasi yang relevan. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan menelaah informasi informasi yang diperoleh untuk memberikan gambaran yang komprehensif mengenai pelaksanaan, evaluasi dan dampak supervisi terhadap kinerja kepala madrasah. Hasil penelitian menunjukan bahwa supervisi pengawas madrasah dilaksanakan secara berkala dan efektif, memberikan bimbingan serta pengawasan yang berkontribusi dalam peningkatan profesionalisme dan kinerja kepala madrasah. Evaluasi supervisi memperlihatkan adanya peningkatan kinerja kepala madrasah yang tercermin dari skor penilaian kinerja kepala madrasah yang sangat baik. Dampak supervisi tersebut terlihat dari peningkatan kepemimpinan kepala madrasah, dan ini mendukung tercapainya tujuan pendidik di madrasah. Dengan demikian, supervisi pengawas madrasah menjadi faktor kunci dalam meningkatkan kualitas kinerja kepala madrasah dan mutu pendidikan di madrasah.

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-28

Terbitan

Bagian

Articles