PENGARUH MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTS DARUL FALAH CUKANG BUNGUR TASIKMALAYA

Penulis

  • Ade Ikbal Pauji Institut Agama Islam Tasikmalaya
  • Indra Permana Institut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70143/manajerial.v7i2.544

Kata Kunci:

Manajemen sarana dan prasarana, motivasi belajar, siswa madrasah

Abstrak

Motivasi belajar siswa merupakan faktor penting dalam menunjang keberhasilan pendidikan dan dipengaruhi oleh berbagai aspek, salah satunya pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan. Manajemen yang baik terhadap sarana prasarana diyakini mampu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif serta mendorong semangat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh manajemen sarana dan prasarana terhadap motivasi belajar siswa di MTs Darul Falah Cukang Bungur, Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi sebanyak 78 siswa, sedangkan sampel berjumlah 44 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling dengan margin of error 10%. Instrumen penelitian berupa angket tertutup yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen sarana dan prasarana memberikan pengaruh sebesar 42,8% terhadap motivasi belajar siswa. Artinya, semakin baik pengelolaan sarana dan prasarana, semakin tinggi pula motivasi belajar yang muncul. Adapun sebesar 57,2% motivasi belajar dipengaruhi oleh faktor lain, seperti motivasi intrinsik yang kuat untuk meraih prestasi, hasrat untuk menggapai cita-cita, serta sikap pantang menyerah dalam menghadapi hambatan. Dukungan guru dan orang tua juga berperan penting sebagai faktor eksternal yang memperkuat semangat belajar siswa. Temuan ini menegaskan bahwa pengelolaan sarana dan prasarana secara optimal tetap menjadi bagian penting dalam meningkatkan motivasi belajar, meskipun faktor intrinsik dan dukungan lingkungan sosial tidak kalah dominan.

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-28

Terbitan

Bagian

Articles