IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MEMBANGUN KARAKTER SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NURUL QOMAR
DOI:
https://doi.org/10.70143/hasbuna.v2i1.143Kata Kunci:
Kurikulum Merdeka, Karakter, Pendidikan Agama IslamAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Kurikulum Merdeka dalam membangun karakter siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam yang dimana metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, lokasinya di SMP Nurul Qamar, sumber datanya informan, peristiwa, lokasi dan dokumen, datanya primer dan sekunder, teknik pengumpulan datanya dengan observasi partisipasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan secara interaktif, sedangkan pengecekan keabsahan datanya dengan menggunakan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dalam implementasi kurikulum merdeka dalam membangun karakter siswa pada mata pelajaran pai di smp nurul qomar dengan beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi serta terdapat faktor hambatan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis Merdeka Belajar dalam upaya membentuk akarter peserta didik di SMP Nurul Qomar.