IMPLEMENTASI METODE TARBIYATUL MUBALLIGHIN WA MUBALLIGHAH DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SANTRI KELAS MUTAWASITH (Studi Kasus Pondok Pesantren Raudlatul Mutaalimin Cilendek Kota Tasikmalaya)
DOI:
https://doi.org/10.70143/hasbuna.v3i1.220Kata Kunci:
Implementasi, Metode Tarbiyatul Muballighin wa Muballighah, Karakter SantriAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih adanya santri yang memiliki akhlak yang belum mencerminkan bahwa ia adalah seorang santri yang telah banyak mendapatkan pengetahuan agama baik itu dari ustadz maupun ustadzah yang terbawa kebiasaan buruknya sebelum ia masuk ke pondok pesantren Raudlatul Mutaalimin Cilendek Kota Tasikmalaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang dilakukan dengan teknik pengumpulan data: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data mencakup Reduksi Data, Display Data dan menarik kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah Ustadz/Ustadzah serta mahasantri pondok pesantren Raudlatul Mutaalimin Cilendek yang berjumlah 10 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam meningkatkan karakter santri kelas mutawasith di pondok pesantren Raudlatul Mutaalimin Cilendek yaitu dengan adanya beberapa program yang harus dilakukan oleh semua santri diantaranya, Tauladan, Hafalan Rutin, Muballighin wa Muballighah dan Gebyar Ma’had. Kemudian ada juga peraturan-peraturan yang harus ditaati oleh seluruh santri. Sementara faktor yang menghambat peningkatan karakter santri di pondok pesantren Raudlatul Mutaalimin Cilendek adalah faktor psikologi dan faktor pendidikan yakni mengenai pemahaman agama yang dimiliki santri tersebut. Selanjutnya penerapan metode Tarbiyatul Muballighin wa Muballighah di Pondok Pesantren Raudlatul Mutaalimin yaitu dengan cara mengadakan perlombaan antar perangakatan para santri yang termasuk ke dalam lomba tersebut yaitu Pidato, MQK, Khutbah, Tahfidz, Nalar Haflan Matan. Kemudian di setiap perlombaan nanti dibagi menjadi 3 babak yakni babak penyisihan, babak semifinal dan babak grandfinal.
Diterbitkan
Versi
- 08-12-2023 (2)
- 27-10-2023 (1)