IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMAHAMAN KAJIAN AL-QUR’AN SURAT LUQMAN AYAT 12-14 (Analisis Deskriptif Kelas 5 DTA Al-Muttaqien Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya)
DOI:
https://doi.org/10.70143/hasbuna.v3i1.221Kata Kunci:
Implementasi, Pendidikan Karakter.Abstrak
Tulisan ini membahas implementasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui
pemahaman kajian Al-Qur‟an Surat Luqman Ayat 12-14 pada Kelas 5 DTA AlMuttaqien Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya. Latar belakang penelitian ini
adalah keadaan peserta didik yang dari zaman ke zaman terus mengalami
perubahan seiring dengan berkembangnya teknologi, dan seringkali anak salah
menggunakan atau memanfaatkan perkembangan tersebut, dan juga pergaulan di
masyrakat yang kurang baik atau perhatian orang tua saat di rumah, sehingga
menimbulkan adanya permasalahan-permasalahan yang membuat karakter anak
menjadi rusak. Dalam penelitian ini, penulis melakukan observasi langsung ke
tempat penelitian yaitu DTA Al-Muttaqien, dan menggunakan sumber-sumber
data lainnya seperti buku-buku tafsir, dan buku-buku litelatur lainnya yang
berhubungan dengan penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah mencoba
mengungkapkan secara komprehensif mengenai pembentukan karakter melalui
pemahaman kajian Al-Qur‟an surat Luqman ayat 12-14. Metodologi penelitian ini
menggunkan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui
pemahaman kajian Al-Qur‟an dilakukan dengan menanamkan karakter sykur,
karakter iman, dan karakter berbakti kepada orang tua.
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 24-11-2023 (2)
- 27-10-2023 (1)