PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN DAYA HAFAL SISWA MELALUI METODE TALQIN PADA MATA PELAJARAN PAI (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Materi AlQur`An Kelas V SDN Indihiang Kota Tasikmalaya)
DOI:
https://doi.org/10.70143/hasbuna.v3i1.223Kata Kunci:
Peran, Hafal, TalqinAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan guru dalam meningkatkan daya hafal
siswa melalui metode Talqin serta untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan metode Talqin
dalam meningkatkan daya hafal siswa pada mata pelajaran PAI materi Al Qur`an di kelas V SDN
Indihiang Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
deskriptif kaulitatif yaitu penelitian yang bertujuan menggambarkan secara sistematis mengenai
fakta-fakta yang ditemukan di lapangan, bersifat fenomenologis, dan tidak berupa angka,
khususnya tentang peranan guru dalam meningkatkan daya hafalan siswa melalui metode
Talqin pada Mata Pelajaran PAI materi Al Qur`an. Hasil dari penerapan metode talqin pada
pembelajaran tahfidz Al-Qur`an adalah bahwa dengan metode ini siswa banyak yang cepat
menghafal, semakin bagus dan lancar hafalannya, dan sudah mencapai target hafalan yang
ditentukan. Kelebihan dalam menerapkan metode talqin pada pembelajaran PAI materi AlQur`an sendiri adalah untuk mempermudah para siswa, meskipun mereka belum bisa baca tulis
Al-Qur`an, tetapi mereka bisa menghafal. Adapun kelemahan dalam penerapan metode talqin
pada pembelajaran PAI materi Al-Qur`an adalah sulitnya mengkondisikan siswa, mereka ramai
sendiri, bermain sendiri sehingga mengganggu pembelajaran, waktu yang cukup lama dalam
menggunakan metode tersebut, dan guru sendiri harus menguasai bacaan Al-Qur`an agar tidak
mengalami kesulitan.
Diterbitkan
Versi
- 24-11-2023 (2)
- 27-10-2023 (1)