ANALISIS STANDAR SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus MTs Nurul Huda Kabupaten Tasikamalaya)

Penulis

  • Mumu Institut Agama Islam Tasikmalaya
  • Heni Nuraidah Institut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70143/hasbuna.v3i1.227

Kata Kunci:

embelajaran Pendidikan Agama Islam, Sarana Prasarana

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui standar sarana dan prasarana di MTs
Nurul Huda Kabupaten Tasikmalaya dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan
Agama Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa
pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah meliputi: Al-Qur’an Hadits,
Bahasa Arab, Akidah Akhlak, dan Sejarah Kebudayaan Islam dengan analisis sarana dan
prasarana peralatan ibadah, Laboratorium dan perpustakaan di MTs Nurul Huda Kabupaten
Tasikmalaya, dapat dikategorikan kurang memadai dan kurang lengkap dalam menunjang
proses kegiatan belajar mengajar khususnya untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Hal ini karena belum tersedianya sarana seperti laboratorium dan perpustakaan Pendidikan
Agama Islam.

Unduhan

Diterbitkan

27-10-2023 — Diperbaharui pada 24-11-2023

Versi

Terbitan

Bagian

Articles