KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF NURCHOLISH MADJID
DOI:
https://doi.org/10.70143/hasbuna.v3i1.228Kata Kunci:
Nurcholish Madjid, Konsep Pendidikan IslamAbstrak
Memahami konsep dasar pendidikan Islam tentunya harus memiliki pandangan yang luas dalam
pemikiran dan penerapannya. Sebab dewasa ini kurang begitu terimplementasikan, baik secara
sistematis, proses dan evaluasi yang relevan di dalamnya. Oleh sebab itu merekontruksi ulang
dasar-dasar pemikiran pendidikan Islam di Indonesia sebagai bentuk perkembangan pendidikan
Islam baik secara filosofis maupun praktis adalah pilihan yang nyata sekarang ini. Dalam
penilitian ini penulis mencoba mendeskripsikan beberapa aspek antara lain tujuan, materi, dan
metode pendidikan yang digunakan olah Nurcholish Majid, beliau adalah seorang pemikir dan
pembaharu Islam Indonesia. Metode yang digunakan ialah Deskriptif Kualitatif yaitu dengan
menjabarkan gagasan-gagasan yang di kemukakan Nurcholish Madjid, yaitu deskripsi data yang
disertai dengan analisa dan interpretasi dengan menggunakan pendekatan historis, sosiologis,
filosofis, dan teologis. Berbagai aspek kehidupan hendaknya mengacu kepada hal-hal yang
bersifat mendasar sebagai asas berkehidupan, diantaranya ketuhanan, kemanusiaan dan keadilan.
Dengan mengunakan tiga asas tersebut maka itulah pendidikan yang ideal, karena pada dasarnya
pendidikan adalah cara memanusiakan manusia dan agar terus ingat kepada sang penciptanya.
Pendidikan menegaskan kepada konsep pembentukan manusia yang mulia (Insan Kamil), yakni
agar terwujudnya aspek-aspek kemuliaan yang merata dan seimbang melalui pendidikan Islam
Diterbitkan
Versi
- 24-11-2023 (3)
- 24-11-2023 (2)
- 27-10-2023 (1)