Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 27-10-2023. Baca versi terbaru.

ESENSI TEORI BEHAVIORISME DAN PANDANGANNYA TERHADAP MEDIA DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN SERTA RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Penulis

  • Sariduduin Institut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70143/hasbuna.v3i1.229

Kata Kunci:

ehaviorisme; media dan teknologi; pendidikan Islam

Abstrak

Mazhab behaviorisme lebih menekankan pada prinsip stimulus dan respon sebagai perubahan
tingkah laku. Dalam menentukan beberapa kebijakan pendidikan di Indonesia, faham behavioris
ini masih mendominasi terutama pada kebijakan-kebijakan yang bersifat fundamental dan
prinsipil, seperti yang terlihat terutama dalam Undang-undang Sisdiknas 2003. Untuk itu
kebijakan pendidikan yang bersifat behavioristik perlu melihat kenyataan di lapangan dan
mengadakan pendekatan inovatif dalam proses pembelajaran, termasuk penyelarasan dalam
pendidikan Islam. Namun, kesiapan dari berbagai unsur sistem pendidikan menjadi faktor
penentunya. Oleh karena itu, kebijakan pendidikan yang relevan dengan tuntutan perubahan
harus didukung oleh semua pelaku pendidikan termasuk komponen pendidikan yang lain.
Tulisan ini membahas berbagai hal mengenai behaviorisme diantaranya teori behaviorisme
menurut beberapa tokoh; ciri-ciri utama teori behavioristik dan prinsip-prinsip pembelajarannya;
konsep reward and funishment dalam teori belajar behaviorisme; relevansi teori belajar
behaviorisme terhadap Pendidikan Islam; peran media dan Teknologi dalam Pembelajaran
Behavioristik; dominasi pendekatan behavioristik dalam perumusan kebijakan pendidikan di
Indonesia dan beberapa kritik yang disampaikan terhadap aliran behaviorism

Diterbitkan

27-10-2023

Versi

Terbitan

Bagian

Articles