STRATEGI MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL DI MA’HAD ALY (Studi pada Mahad Aly Miftahul Huda Manonjaya Tasikmalaya)

Penulis

  • Saridudin Institut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70143/hasbuna.v4i2.308

Kata Kunci:

Strategi, Literasi Digital, Ma’had Aly

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk menganlisis dan memahami tentang strategi dan upaya yang dilakukan oleh Ma’had Aly Miftahul Huda Manonjaya Tasikmalaya dalam upaya mengembangkan literasi digital kepada para civitas akademikanya terutama dosen dan mahasantri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis fenomenologi, di mana peneliti berusaha untuk memahami tentang fenomena yang terjadi dan berkembang. Teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui observasi, interview dan dokumentasi. Analisis datanya dilakukan melalui tahapan penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital yang dilakukan oleh Ma’had Aly Miftahul Huda Manonjaya bertujuan untuk meningkatkan mutu lulusan Ma’had Aly agar menjadi lulusan yang berkompeten dalam bidang tafaqquh fiddin teutama dalam bidang akidah dan filsafat Islam.Strategi yang dilakuan Ma’had Aly Miftahul Huda Manonjaya untuk meningkatkan literasi digital ialah melatih para santri agar bisa membuat konten-konten digital yang bisa disiarkan di TV dan Live Streamning di facebook. Di samping itu Mahad Aly Miftahul Huda mengoptimalkan saluran televisi yang dikelola oleh pesantren, televisi tersebut bernama MH TV (Miftahul Huda TV), yang diisi dengan berbagai program salah satunya adalah Ngaji Online.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-01

Terbitan

Bagian

Articles